Kamis, 10 Desember 2009

Proses Keputusan Membeli Konsumen Terhadap Produk Kecantikan

Saat ini konsumen lebih selektif dalam memilih produk yang akan digunakan atau dipakai. Hal ini disebabkan karena informasi yang begitu banyak dan cara untuk mendapatkan suatu informasi tentang produk tersebut sangatlah mudah. Oleh karena itu, perusahaan harus dapat mengetahui apa keinginan konsumen dan apa yang dibutuhkan konsumen. Perusahaan sebaiknya dapat memberikan informasi tentang produknya secara baik, agar konsumen memberikan tanggapan positif terhadap produk tersebut. Promosi produk melalui iklan merupakan salah satu cara yang sangat berpengaruh pada keputusan membeli konsumen.

Sebagai contoh yaitu iklan pada produk kecantikan untuk wajah. Kecantikan merupakan salah satu asset terpenting bagi wanita, dan wajah merupakan bagian tubuh bagi wanita yang penting dan perlu perhatian khusus untuk merawatnya, oleh karena itulah konsumen, khususnya wanita, harus berhati-hati juga dalam memilih produk, karena tidak semua produk kecantikan wajah cocok untuk semua jenis kulit konsumen.

Ada 3 proses dalam pengambilan keputusan :

1. Konsumen sadar akan kebutuhan.

Wanita Indonesia memiliki jenis kulit yang cenderung kecoklatan, karena negara ini beriklim tropis. Oleh karena itu, konsumen membutuhkan produk kecantikan wajah yang dapat membuat wajah tampak lebih putih dan bersih.

2. Mencari sebelum membeli

Konsumen akan mencari produk pemutih wajah yang terbaik menurut mereka. Mereka akan mencari informasi-informasi tentang produk yang mereka butuhkan. Maka perusahaan harus memiliki inovasi-inovasi untuk menarik minat konsumen untuk membeli.

3. Mengevaluasi alternatif

Dalam mengevaluasi biasanya konsumen memilih merek yang akan digunakan. Pada pemilihan ini, konsumen juga melihat kriteria dari masing-masing merek. Itu dilakukan untuk mendapatkan kepuasan maksimum setelah membeli dan menggunakan produk tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates